Pelaksanaan Tes Psikotes Bersama Tes Bakat Indonesia

SMA Tunas Bangsa bekerjasama dengan lembaga Tes Bakat Indonesia sebagai strategi untuk membantu para peserta didik menemukan passion serta bakat masing-masing yang mereka miliki. Penyelenggaraan tes dilakukan bersama-sama yang wajib diikuti oleh seluruh peserta didik dari jenjang kelas X, XI dan XII. Pelaksanaan teknis tes dilaksanakan oleh peserta didik sebagian di sekolah dan ada yang melaksanakan tes di rumah karena mengacu terhadap protokol kesehatan dalam agenda pembelajaran tatap muka yang tidak menghadirkan seluruh peserta didik untuk datang ke sekolah. Proses berlangsungnya tes dimulai pada pukul 14.00 WIB – 15.00 WIB, pada hari kamis (14/10/2021).

Agenda ini terselenggara sebagai kelanjutan dari program parenting yang dilakukan setelah masa Penilaian Tengah Semester yang telah selesai beberapa waktu yang lalu.

Setelah adanya Tes Bakat maka peserta didik dapat memilih jurusan yang tepat untuk pendidikan lanjutannya berdasarkan bakat serta minat yang ia miliki. Dengan pemahaman mengenai bakat dan minat yang dimiliki, guru dan peserta didik dapat lebih mudah menentukan arah karirnya sehingga diharapkan peserta didik tidak salah memilih jurusan di perguruan tinggi. Tes ini juga dapat membantu peserta didik memahami dan mengenal dirinya sendiri karena dengan membaca hasil tes dapat lebih mengetahui hal yang menarik bagi dirinya, keunggulan serta hal yang perlu ditingkatkan terutama yang berkaitan untuk meraih prestasi sekolah.

Kontributor: Mr. Aji

Galeri Foto