Pelaksanaan ANBK 2021 SMA Tunas Bangsa

Lagoi—Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) 2021 yang merupakan program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kemdikbud untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan. Asesmen Nasional bertujuan untuk menunjukkan apa yang seharusnya menjadi tujuan utama satuan pendidikan, yakni pengembangan kompetensi dan karakter murid. Asesmen Nasional juga memberi gambaran tentang karakteristik esensial sebuah satuan pendidikan yang efektif untuk mencapai tujuan utama tersebut. Hal ini diharapkan dapat mendorong satuan pendidikan dan Dinas Pendidikan untuk memfokuskan sumber daya pada perbaikan mutu pembelajaran.

SMA Tunas Bangsa sebagai satuan pendidikan tingkat menengah atas di kabupaten Bintan telah selesai melaksanakan ANBK selama dua hari, yaitu pada tanggal 27-28 September 2021 dengan hari pertama topik tes literasi dan hari kedua topik tes numerasi. Seluruh peserta didik yang terlibat proses pelaksanaan ANBK dilakukan dengan mematuhi aturan protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak, cek suhu tubuh serta melakukan tes genose.

Kepala Sekolah Mr. Hadiedwar menuturkan “melalui Asesmen Nasional dapat memperbaiki kualitas belajar mengajar dengan memotret input, proses dan output pembelajaran di SMA Tunas Bangsa”. Hal ini sejalan dengan tujuan utama Kemdikbud dalam misi penyelenggaraan ANBK sebagai tolok ukur sejauh mana progres kualitas dari satuan pendidikan.

Adapun jumlah peserta didik SMA Tunas Bangsa yang berpartisipasi dalam pelaksanaan ANBK merupakan peserta didik kelas XI sejumlah 22 anak dengan rincian XI MIPA 11 anak dan XI IPS 11 anak, dengan pembagian menjadi dua sesi dalam satu harinya di laboratorium komputer milik sekolah dengan tetap memperhatikan prokes yang ditetapkan. Setelah pelaksanaan ANBK peserta didik pada hari Senen 27 September 2021 pukul 13.30 WIB langsung dilanjutkan pelaksanaan survey lingkungan sekolah yang dilakukan oleh seluruh tenaga pendidik SMA Tunas Bangsa.

Proktor ANBK sekolah Mr. Andi menyampaikan “pelaksanaan ANBK berjalan aman, lancar tanpa kendala, seluruh peserta, pengawas dan panitia menerapkan protokol kesehatan dengan baik”. Senada dengan Mr. Andi hal serupa juga diungkapkan oleh ketua Satgas Covid-19 sekolah Mr. Antoni “ketersediaan sarana prasarana pencegahan Covid-19 terpenuhi serta semua peserta didik dibekali dengan surat izin ortu yang menyetujui kegiatan ANBK, sedangkan dari pelaksanaan  semuanya menaati prokes, kondisi aman dan semua tercover dengan baik”.

Redaktur: Mr. Aji